Kabur ke Jogja

Jogja selalu punya daya magis sendiri bagi saya, tiap ke sana bawaanya adem banget...entah karena suasana kotanya, entah karena makanannya, entah karena mas-mas jawa nan berwibawa yang kalo senyum aduhai..hehe.. Ya, apapun alasan saya, tiap ke Jogja saya banyakan nyegirnya (karena bahagia! bukan karena gila loh!)

Suatu kali saya memutuskan untuk liburan sangking mumetnya tiap hari duduk mandangin komputer. Ah, kali ini misi saya mandangin komputer lebih penting dari pada kerjain suruhan si bos, setidaknya gitu lah benak saya. Karena saya kalo untuk liburan sendiri maunya dapet harga murah semurah murahnya tapi tetep melihat kualitas juga. Saya pesen kereta Taksaka malam Jakarta-Jogja. Sedangkan untuk penginapan saya pesan hotel bintang 3 di belakang stasiun Tugu, maksudnya biar gampang saya tinggal jalan kaki ke stasiun saat balik ke Jakarta. Eh, tiba-tiba seorang temen saya mau ikutan, trus seorang lagi juga mau. Alhasil, kami bertiga, cewe-cewe, pulang kantor dengan backpack ria dan seragam kantor yang masih melekat di badan.

Kami pergi ke Jojga dari stasiun Gambir. Awalnya pendapat saya soal Gambir berubah positif (dulu Gambir bagaikan pasar) krn melihat lingkungan stasiun yang sudah rapi, tapi begitu saya masuk toiletnya, jeeengggg jengg jengg... kepala saya langsung pusing nyium bau pesing. Duh, masih aja toiletnya tempoe doeloe.

Dengan naik kereta eksekutif seharga 350 ribu, sampailah kami sekitar jam setengah setengah 4 pagi di stasiun Tugu, dijemput adik teman saya, kami pun ke hotel. Tapi, karena belum bisa check in kami numpang bersih-bersih dulu di toilet lobby. Begitu langit terang kami gak sabar memanjakan perut dengan Gudeg Yu Djum yang terkenal maknyuss.

Selama di sana kami sewa mobil rental, soalnya tempat wisata yang mau kami kunjungi jauh dari pusat kota Jogja. Jadi setelah perut kenyang kami langsung cussss ke hutan pinus di Imogiri. Jeprat jepret, jeprat jepret, entah berapa ratus foto diambil, kami menikmati udara sejuk Imogiri dengan bahagia. Saat kami nyasar mau arah balik ke jalan utama, gak sengaja kami nemu gua yang bisa dimasuki turis, namanya Gua Gajah, kenapa gajah? ternyata karena di sana ada batu yang kata pemandunya mirip gajah (Ngasal banget). Menurut malah lebih cocok dinamain Gua Kelelawar, soalnya itu gua dihuni ratusan kelelawar. Si Gua Gajah ini menarik memang, cuman sayangnya sama pemerintah daerahnya gak dirawat. Padahal keren loh!

Hutan Pinus, Imogiri

Gudeg Yu Djum

Penampakan (saya) di Hutan Pinus

Sorenya kami jalan-jalan ke air terjun. Berbekal navigasi dari mbah Google, kami menemukan lokasi air terjun yang keren banget! Nama air terjunnya Air Terjun Lepo. Meski sempet nyasar-nyasar karena ternyata GPS gak bisa ngelacak daerah-nya. Kami akhirnya sampai juga di lokasi air terjun setelah tanya-tanya penduduk sekitar. Untungnya, entah mengapa pas kami ke sana pengunjungnya cuman kami aja. Maka puas lah saya dan Kak June berlagak bak bidadari kayangan yang lagi turun mandi. Temen saya yang satu lagi ke mana? Cimul yang gak suka repot harus bersih-bersih lagi memutuskan untuk nontonin kami aja dari atas batu. Rugi banget kan!

Berenang di Air Terjun Lepo

Semedi di Candi Boko

Karena hari masih terang, dan kami masih sempat untuk jalan-jalan satu lokasi lagi, kami pun sempatkan melihat Candi Boko. Candinya cantik banget, halamannya luas, kamu bisa tidur-tiduran santai sambil menunggu sunset.

Besoknya kami pengen cobain cave tubing yang terkenal itu. Goa Pindul? bukan! itu udah biasa, dan gak menantang. Berbekal rekomendasi dari Cleaning Service di Hotel, kami pun menuju Kali Suci, di Kabupaten Gunung Kidul. Tiap hari mereka gak menerima banyak pengunjung karena memang dibatasi. Jadi gak seperti di Goa Pindul yang pake antri, di sini engga. Selain itu, di Kali Suci arusnya cukup deras, jadi buat orang dewasa, di sana lebih menantang

Siap-siap cave tubing di Kali Suci

Intinya, jalan-jalan kami tanpa itinerary yang jelas, berhasil dengan menyenangkan juga. meski ada gak enaknya, kayak perusahaan rental mobil yang kami sewa berulah tapi semuanya terbayar dengan jalan-jalannya. Next, saya sih pengen balik nyasar-nyasaran lg di Jogja. :)