Obat Patah Hati

I know Jah's never let us down; Pull your rights from wrong
(I know Jah would never let us down)
Oh, no! Oh, no! Oh, no!

~One Drop, Bob Marley- 


 
Kalian pernah dibikin sakit hati sama temen, keluarga, atau pacar? Tahun 2015 yang lalu, saya pernah punya cerita pahit sama seseorang. Tiba-tiba aja, kebohongan besarnya terbongkar. Alhasil saya tau selama ini saya diselingkuhin, ditinggal nikah (selingkuhannya belendung), dan gilanya tanpa saya tau, status saya dia ubah seenaknya berubah jadi selingkuhan (I don't know he got married). Saat hal itu terjadi rasanya mimpi, harapan, dan masa depan saya hancur di depan mata. So, should I curse him? sumpahin dia jadi babi mungkin? hahaha... Gak munafik, dan bukannya sok suci. Ya, saya pernah berharap semoga hal yang terburuk terjadi sama dia. Tapi apa dengan hate, hate, hate lantas saya jadi damai? Nope, meski memilih untuk benci itu hal pribadi. Harus diinget, Tuhan aja bisa maafin dosa kita. Jadi kenapa kita engga bisa maafin sesama manusia? Tapi gimana dong kan terus keingetan, kan susah lupa. I know. Mau tau obat sakit hati yang paling ampuh itu apa?
 
Jalan-jalan. Dengan jalan-jalan secara otomatis masalah kita bisa teralihkan. Meski adakalanya saat lagi sendiri, kita keingetan lagi. Ya gakpapa, wajar kok, tandanya kita masih punya hati. Just cry! and then looks around you!.. Secara gak langsung otak kamu akan lebih fresh setelah lihat lingkungan baru. Apalagi kalo jalan-jalannya sama temen deket. Dijamin masalah kamu menguap ibarat kentut, palingan bau di awal, setelah itu udara fresh lagi. Saya sendiri setiap patah hati, hal pertama yang saya lakukan adalah liat harga tiket di Traveloka.   



Lombok 2015 with Elsya (middle) & Dewi (right).


Eat Good Food. Saya tau kalo patah hati itu bawaannya gak napsu makan. Jujur, itu juga yang terjadi pada saya. Gara-gara patah hati, berat badan saya turun 18 kilo. Positifnya, ya badan saya yang awalnya kayak buntelan, jadi lebih ok. Tapi negatifnya saya jadi sering keliengan mau pingsan karena kurang makan. Buat merubah kondisi yang menyedihkan itu, saya jadi sering jalan, ketemuan temen, dan nyobain makan di tempat yang suasananya baru. Apalagi manjain lidah  dengan kuliner yang bikin ngiler. Good Food and Good Friend, ngebantu banget deh. Plus ketemunya sama temen baik yang siap merangkul kamu, dengerin cerita kamu, dan support kamu. U'll be okay guys...

    
Italian Pizza at Gili T

Dengerin Musik. Saat lagi patah hati, saya sering dengerin lagu yang membangun. Lagu yang bisa bikin tenang. Lagu yang mengingatkan kita kalo hari esok akan baik-baik aja. Kapan saya dengerinnya? ya setiap saya merasa kesepian. Biasanya buat orang yang patah hati, saat tidur itu yang paling berat, karena paling merasa kesepian. Jadi setiap malam selama beberapa bulan saya dengerin One Drop (Bob Marley) dan High by the Beach (Lana Del Rey). Kalian bisa coba dengan lagu yang kalian suka. Asal jangan lagu sedih-sedih ya, nanti meweknya gak kelar-kelar.

 
Pray. Because God never sleep. Saat gak ada manusia lain yang bisa jadi pendengar yang baik, curhatin aja semuanya sama Tuhan. Karena kalo sesama manusia, pasti dong, punya pendapat pribadi, yang mungkin bisa negatif atau positif. Tapi Tuhan gak akan pernah judge kamu salah atau benar. Selain itu, dengan berdoa kamu bisa merasakan beban kamu terangkat perlahan. Bahwa hidup penuh dengan harapan. Bahwa sebuah kegagalan bukan akhir dari perjalanan kamu. Bahwa Tuhan gak akan ninggalin kamu sendirian. Saya biasanya saat teduh di malam hari. Dijamin tidur saya jadi nyenyak setelah curhat sama Tuhan. So why don't you pray to Him.
 
~Mazmur 55:22
(55-23) Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah. 
 
Good Companion. Satu lagi yang kamu butuhin after broken heart. Kamu butuh temen. Jangan coba sok-sokan tegar sendiri deh. Kalo kamu emang bisa ya silahkan. Tapi, semua akan lebih mudah dilalui kalo kamu punya temen yang menemani dan berbagi. Gak hanya temen deket, tapi keluarga dan binatang peliharaan juga bisa loh jadi perlipur lara. Kayak saya, tiap malem ada Kenny yang setia nemenin. lol
 
 
Kenny
 
 
Dari perjalanan saya pribadi untuk terbebas dari patah hati, yang terberat adalah proses memaafkan. Kenapa harus maafin kan dia udah salah sama saya? Ya harus! Kudu! Kenapa? Because I owe peace for myself. Bukan buat dia, bukan buat orang lain, bahkan bukan untuk Tuhan. Tapi untuk diri saya sendiri. 
 
Don't wait for an apology, or an acknowledgment of your pain. Feel it. Let It leave you. And move on.
~Najwa Zebian
 
 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar: